jump to navigation

Old Vixion Pasang Arm dan RDB NVL, Plus Disc Tirev December 6, 2013

Posted by aaikhwan in : Serba Modif Motor , trackback

Assalamu’alaikum

2013-11-16 13.46.33

Kita lanjutkan yuk upgrade kaki-kaki si merah dengan kaki-kaki NVL :mrgreen: di mana salah satu partNVL yakni Footrest NVL sudah Aa tulis beberapa waktu yang lalu, kemudian saat ini Aa lanjutkan ke bagian yang lebih ajibnya yakni pemasangan arm NVL plus RDB nya :D.

Sebelumnya Aa mau cerita sedikit nih ,..

Boleh dibilang ini kecerobohan Aa dalam mencari info mengenai pemasangan arm dan rdb nvl tersebut, berawal dari velg yang memang sudah lama Aa incar untuk menggantikan velg power yang lama karena masih bingung antara jari-jari atau velg racing akhirnya menguap begitu saja sambil menunggu update harga velg racing yakni chemco :mrgreen:, setelah Aa membeli arm nvl beserta rdb nya dan terakhir beli velg chemco, ternyata untuk pemasangan rdb ini yang menjadi masalah khususnya penempatan cakramnya karena bawan velg chemco itu adalah untuk disc tiger revo (tirev) yang ukuran diameternya lebih besar dari disc ori nvl dan ternyata kawan Aa yakni bro Hary yang sebelumnya sudah pasang arm dan rdb nvl itu menggunakan velg chemco edisi tromol yang dibuat adaptor kemudian dipasang dengan disc new jupiter mx yang diamaternya sama dengan disc nvl hanya berbeda posisi lubang baut pegangan cakram ke velg :D.

2013-11-16 14.38.43

Nah jadi masalah kan :mrgreen: jadi di tulisan ini Aa akan infokan cara modif dari bengkel kawan Aa yakni Bengkel JS :D.

Part kaki-kaki NVL yang Aa dapatkan adalah RDB, di mana Aa memperolehnya dari kawan Aa yakni Bro Suparman Yapimen yang menjual seken RDB NVL yang sudah dipakai sekitar seminggu dan Aa tebus dengan mahar 350ribu, tapi RDB nya masih ok dan ajib malah diantar langsung ke kantor Aa di Sunter karena sekalian kerja di daerah Pulogadung,..thanks ya Bro Suparman :D.

RDB plus Braket NVL

RDB plus Braket NVL

Lalu Part kaki-kaki NVL yang kedua Aa peroleh adalah arm NVL yang Aa peroleh di loakan juragan rongsok :mrgreen: , di mana arm ini sudah komplit bearing, as, pengencang rantai dan sebagainya tinggal pasang yang Aa tebus sekitar 500ribuan :mrgreen: .

Arm NVL

Arm NVL

Dibantu oleh si forsi buat angkutnya     :mrgreen:

Dibantu oleh si forsi buat angkutnya :mrgreen:

Tentunya yang terakhir adalah Velg chemco yang sudah Aa tulis di sini, dan karena velg chemconya itu harus menggunakan disc tirev mau gak mau Aa mesti melakukan sedikit modifikasi dari ringan sampai ekstrim :mrgreen:.

Modif yang Aa lakukan di sini meliputi :

1. Braket Kaliper
2. Kampas Rem

Kita mulai dari yang pertama yakni modif braket kaliper, karena Aa menggunakan velg chemco plus disc tirev jadi braket kalipernya kurang tinggi sehingga diperlukan beberapa modif di antaranya dengan memasang ring, bro Heru dari JS memasang sekitar 6 ring untuk pegangan braket kaliper ke arm karena untuk mengimbangi tinggi dari disc tirev.

Penambahan ring (yang dilingkari merah)

Penambahan ring (yang dilingkari merah)

Modif selanjutnya yang dilakukan pada braket kaliper ini adalah dengan dibubut..nah loh :mrgreen: , karena dengan hanya menambahkan ring saja belum cukp, terpaksa bro Heru membubut atan membuat lubang yang sudah ada di kaliper tersebut menjadi besar :mrgreen:.

Lubang yg masih original :mrgreen:

Lubang yg masih original :mrgreen:

Setelah dibubut..bagian bawah disisakan 2mm :mrgreen:

Setelah dibubut..bagian bawah disisakan 2mm :mrgreen:

Terlihat kan hasil bubutannya :mrgreen: , bagian bawahnya hanya disisakan 2mm kata Bro Heru dan diklaim masih aman,..ya sudah lanjutkan :D , boleh dibilang dengan pembubutan ini posisi braket sudah lebih tinggi dan pas dengan tinggi disc tirevnya.

2013-11-16 13.50.18

Kita lanjut ya ke modif yang kedua yakni modif kampas rem :mrgreen: , kenapa dimodif? karena setelah braket kaliper dipasang di si merah plus arm nvl-nya, saat roda diputar ada suara gesekan yang setelah diselidiki ternyata kampas rem bagian dalam menyentuh sedikiit ke velg chemco tepatnya tempat dudukan baut disc, sehingga mau gak mau mesti dipapas sedikiit saja pada kampas rem bagian dalam :D.

2013-11-16 12.17.21

Setelah dipapas sedikit kampasnya, abrulah semuanya normal dan ajib :mrgreen: .

2013-11-16 13.50.30

2013-11-17 13.52.26

2013-12-05 19.57.35

2013-11-21 06.08.03-1

2013-11-29 08.07.03

Semoga bermanfaat,.. nanti Aa akan tulis sedikit kesimpulan mengenai beberapa cara/ modifan pemasangan RDB NVL di Velg Chemco baik itu Chemco Tromol atau Chemco Disc Brake Insya Aloh selain cara di tulisan ini :mrgreen:.

Wassalam

Aa Ikhwan

55 Comments

Leave a Reply

%d bloggers like this: